Etika dan Integritas

Praktek bisnis yang bertanggung jawab dan etis sangat penting untuk reputasi dan daya saing, untuk itu dibutuhkan adanya Kode Etik sebagai standar yang mengarahkan perilaku insan Perusahaan agar senantiasa sesuai dengan nilai-nilai Perusahaan. Perusahaan memiliki filosofi Catur Dharma Astra yang terdiri dari: Dharma Pertama: Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara; Dharma Kedua: Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan; Dharma Ketiga: Menghargai individu dan membina kerja sama; dan Dharma Keempat: Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik. Perusahaan juga memiliki Etika Bisnis yang menjadi standar etis bagi setiap insan Perusahaan dalam berinteraksi dengan mitra usaha dan Etika Kerja yang menjadi standar etis bagi setiap individu yang bekerja di Perusahaan. Kode Etik disusun dalam bahasa Indonesia yang dimengerti oleh setiap karyawan. Perusahaan secara teratur melakukan sosialisasi untuk penyegaran. [G4-56]


Perusahaan senantiasa mengkomunikasikan nilai-nilai Perusahaan kepada semua karyawan. Etika Bisnis dan Etika Kerja telah menjadi pedoman perilaku yang dilaksanakan dengan baik oleh setiap karyawan Perusahaan dan anak Perusahaan. Kami menyadari bahwa keteladanan merupakan cara terbaik untuk mewujudkan nilai-nilai Perusahaan ke dalam aksi nyata dan oleh sebab itu setiap pemimpin di Perusahaan dan anak Perusahaan menjadi panutan bagi karyawan yang dipimpinnya. Nilai-nilai Perusahaan tercermin pada pemikiran, sikap, keputusan dan tindakan dari setiap pemimpin yang niscaya akan memengaruhi dan diikuti oleh para karyawan. Nilai-nilai Perusahaan juga dapat dilihat dari kerja sama antar individu dan bagian di dalam Perusahaan yang pada akhirnya bermuara pada produktivitas Perusahaan. Budaya di Perusahaan dengan suasana kerja yang memberi keleluasaan kepada setiap karyawan untuk memberi masukan mengenai perilaku etis dan ketaatan pada hukum, secara informal maupun secara formal. [G4-57]


Perusahaan memberi perhatian pada aspek etika dan integritas. Pelanggaran terhadap standar etika dan integritas oleh setiap individu selalu mendapat perhatian dan diproses berjenjang dengan prosedur standar demi memelihara sistem dan tata nilai yang baik yang diterapkan oleh Perusahaan. Pelaporan atas pelanggaran dapat dilakukan secara formal, informal dan anonim yang semuanya akan ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Sejauh ini tidak ada keluhan mengenai mekanisme pelaporan mengenai masalah yang terkait dengan perilaku tidak etis dan melanggar hukum. [G4-58]


Selama tahun 2015 tidak ada tuduhan ataupun tindakan hukum terhadap Perusahaan terkait dengan anti persaingan, anti-trust, serta praktek monopoli. Pada periode yang sama juga tidak timbul keluhan yang signifikan dari pelanggan, pasar maupun otoritas terhadap Perusahaan, juga tidak ada denda maupun sanksi non moneter terhadap Perusahaan. [G4-SO7,SO8]


Perusahaan tidak melakukan penilaian operasi terhadap resiko terkait dengan korupsi dan risiko signifikan serta tidak menyelenggarakan komunikasi dan pelatihan khusus mengenai kebijakan dan prosedur anti korupsi, namun demikian tidak ada insiden korupsi selama tahun 2015 [G4-SO3,SO4,SO5]

alt

Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap tahun dengan upacara yang dipimpin oleh Presiden Direktur sebagai upaya memelihara nilai-nilai patriotisme