Informasi Produksi


Perkebunan Kelapa Sawit


Hingga periode Desember 2015, Perseroan mengelola lahan perkebunan kelapa sawit seluas 297.862 hektar yang terdiri dari 235.432 hektar adalah perkebunan inti dan 62.430 hektar atau 21,0% adalah perkebunan plasma/KKPA. Perseroan, sebagaimana halnya perusahaan perkebunan kelapa sawit lainnya di Indonesia, menghadapi kendala yang hampir sama dimana ruang untuk ekspansi lahan semakin terbatas.


Areal perkebunan kelapa sawit Perseroan tersebar yaitu 46,7% areal berada di Pulau Kalimantan, 35,8% berada di Sumatra dan 17,5% berada di Sulawesi. Saat ini, 86,8% dari 297.862 hektar merupakan perkebunan yang sudah menghasilkan.


Pada saat sektor perkebunan kelapa sawit semakin sulit berekspansi, upaya meningkatkan produktivitas menjadi pilihan untuk tetap menjaga pertumbuhan usaha. Perseroan melaksanakan program mekanisasi end to end, mulai dari kegiatan pemupukan, kegiatan di dalam areal kebun (in field), hingga kegiatan transportasi buah. Mekanisasi pemupukan telah meningkatkan efektivitas pemakaian pupuk, sedangkan mekanisasi in field dan transportasi, menjamin efektivitas panen dan pengiriman buah ke pabrik kelapa sawit.


Pengelolaan perkebunan kelapa sawit Perseroan telah memenuhi aspek-aspek keberlanjutan dan tunduk pada seluruh peraturan perundangan yang berlaku di seluruh Indonesia. Untuk menjamin produk minyak sawit yang dihasilkan Perseroan memenuhi aspek-aspek keberlanjutan, dimana sampai tahun 2015 Perseroan telah mendapatkan 16 sertifikat ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) dan sisanya dalam proses untuk mendapatkan sertifikasi ISPO tersebut.



Aspek Produksi

Musim kemarau yang panjang selama tahun 2015 mempengaruhi kinerja produksi pada sejumlah perkebunan Perseroan. Namun dengan adanya program intensifikasi yang telah diimplementasikan oleh Perseroan sejak beberapa tahun lalu, produksi TBS Perseroan periode tahun 2015 masih menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Produksi TBS mencapai 5,60 juta ton pada tahun 2015 atau naik 0,7% dibandingkan dengan produksi tahun 2014 sebesar 5,56 juta ton. TBS Perseroan ini diolah menjadi minyak sawit mentah dan minyak inti sawit, serta produk turunan minyak sawit yaitu RBDPO, Olein, Stearin dan PFAD. Produksi CPO Perseroan pada tahun 2015 mencapai 1,74 juta ton. Sedangkan produksi turunan minyak sawit yaitu RBDPO mencapai 24,93 ribu ton, Olein mencapai 428,72 ribu ton,Stearin mencapai 114,17 ribu ton dan PFAD mencapai 27,64 ribu ton.