Laporan Komite Audit

Komite Audit bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dengan melakukan pengawasan yang independen atas laporan keuangan, menelaah efektivitas pengendalian internal dan manajemen risiko Perseroan, memastikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, melakukan pengawasan terhadap kasus hukum yang signifikan, serta memastikan kecukupan audit independen dan audit  internal sesuai dengan Piagam Komite Audit.


Untuk membantu pelaksanaan peran dan tanggung jawab Dewan Komisaris, maka Komite Audit memantau dan mengawasi pelaksanaan tanggung jawab manajemen Perseroan atas pengendalian internal Perseroan dan pelaporan keuangan konsolidasian serta pelaksanaan tanggung jawab auditor independen atas pemeriksaan laporan keuangan konsolidasian tahunan Perseroan yang disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia guna menerbitkan laporan yang memuat opini atas laporan keuangan tersebut.


Sebagai bagian dari proses pengawasan, Komite Audit bertemu secara berkala dengan manajemen, auditor independen dan auditor internal serta membuat laporan kepada Dewan Komisaris Perseroan.


Selama tahun 2015, pelaksanaan peran dan tanggung jawab Komite Audit dilakukan melalui kegiatan utama sebagai berikut:

1. Menelaah dan berdiskusi dengan manajemen mengenai laporan keuangan konsolidasian Perseroan setiap triwulan.
2. Menelaah dan berdiskusi dengan auditor internal Perseroan mengenai aktivitas audit selama tahun 2015 dan rencana audit internal tahun 2016.
3. Menelaah temuan–temuan penting dari auditor internal dan eksternal dan memonitor implementasi dari rekomendasi hasil audit.
4. Menelaah dan berdiskusi dengan auditor independen Perseroan mengenai rencana audit dan implementasinya.
5. Menelaah dan mendiskusikan dengan manajemen mengenai manajemen risiko Perseroan.
6.Menelaah dan mendiskusikan dengan manajemen mengenai kepatuhan Perseroan pada hukum dan peraturan, termasuk melakukan pemantauan peraturan dan hukum yang terkait dengan bidang usaha Perseroan serta perkara/sengketa yang terkait dengan Perseroan dan kegiatan usaha Perseroan.
7. Melakukan 7 (tujuh) kali pertemuan dengan pihak manajemen, auditor internal dan auditor independen, dengan tingkat rata-rata tingkat kehadiran sebesar 100%.

Dalam melakukan kegiatan dan pelaksanaan peran dan tanggung jawab, Komite Audit menyatakan apresiasi atas seluruh penjelasan dan tanggapan yang diberikan oleh pihak manajemen selama pelaksanaan kegiatan tersebut dan kesanggupan manajemen untuk menindaklanjuti rekomendasi audit.


Laporan ini dibuat dan ditandatangani oleh Komite Audit PT Astra Agro Lestari Tbk.


Jakarta,

31 Desember 2015