Laporan Komite Audit

Komite Audit bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dengan melakukan pengawasan yang independen atas laporan keuangan, menelaah efektivitas pengendalian internal dan manajemen risiko Perseroan, memastikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, melakukan pengawasan terhadap kasus hukum yang signifikan, serta memastikan kecukupan audit independen dan audit  internal sesuai dengan Piagam Komite Audit.


Untuk membantu pelaksanaan peran dan tanggung jawab Dewan Komisaris, maka Komite Audit memantau dan mengawasi pelaksanaan tanggung jawab Manajemen Perseroan atas pengendalian internal Perusahaan dan pelaporan keuangan konsolidasian serta pelaksanaan tanggung jawab auditor independen atas audit laporan keuangan konsolidasian tahunan Perseroan yang disusun berdasarkan standar akuntansi yang berlaku umum di Indonesia guna menerbitkan laporan yang memuat opini atas laporan keuangan tersebut.


Sebagai bagian dari proses pengawasan, Komite Audit bertemu secara berkala dengan Manajemen, Auditor Independen dan Auditor Internal serta membuat laporan kepada Dewan Komisaris Perseroan.


Selama tahun 2016, pelaksanaan peran dan tanggung jawab Komite Audit telah dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab Komite Audit yang tercantum dalam dalam Piagam Komite Audit, yaitu:  

1.
Penelaahan Informasi Keuangan dan Kinerja Keuangan

Untuk mendorong agar informasi keuangan yang disajikan dan dipublikasikan oleh Perseroan akurat, handal dan dapat dipercaya, Komite Audit telah melakukan penelaahan dan berdikusi dengan manajemen mengenai baik laporan keuangan konsolidasian Perseroan maupun informasi keuangan lainnya.


2.
Pengawasan atas pekerjaan Auditor Independen

Dalam menjalankan fungsi pengawasan atas pekerjaan auditor, Komite Audit melakukan beberapa aktivitas yaitu:
a. Menelaah dan berdiskusi dengan auditor independen Perseroan mengenai rencana audit dan implementasinya.
b. Melakukan monitoring terhadap proses pelaporan keuangan dengan mendiskusikan hasil audit atas Laporan Keuangan konsolidasi Perseroan.
c. Menelaah temuan–temuan penting dari auditor eksternal dan memonitor implementasi dari rekomendasi hasil audit.
d. Memastikan Laporan Keuangan Perseroan dapat dipublikasikan secara tepat waktu.


3.
Evaluasi efektivitas pengendalian internal dan pelaksanaan fungsi Audit Internal

Komite Audit melakukan evaluasi terhadap efektivitas pengendalian internal dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi internal auditor melalui aktivitas sebagai berikut:
a. Menelaah dan berdiskusi dengan Auditor Internal Perusahaan mengenai aktivitas audit selama tahun 2016 dan rencana Audit Internal tahun 2017.
b. Mengevaluasi pelaksanaan Audit Internal dan menelaah temuan–temuan penting dari auditor internal dan memonitor implementasi dari rekomendasi hasil audit.
c. Komite Audit bersama dengan Internal auditor telah melakukan kunjungan ke beberapa lokasi perkebunan perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dalam proses bisnis yang bermanfaat untuk menjalankan kegiatan Komite Audit dalam penelaahan efektivitas pengendalian internal.


4.
Penelaahan Manajemen Risiko

Komite Audit secara berkala juga telah melakukan pemantauan risiko dan mitigasinya. Komite Audit melakukan pembahasan dan diskusi yang mendalam dengan Manajemen mengenai risiko-risiko utama yang dihadapi oleh Perseroan dan bagaimana strategi mitigasi risiko yang dilakukan oleh Perseroan.


5.
Kepatuhan terhadap Peraturan dan Perundang-undangan

Komite Audit telah melakukan penelaahan dan pengawasan atas kepatuhan Perseroan pada hukum dan peraturan, termasuk melakukan pemantauan peraturan dan hukum yang terkait dengan bidang usaha Perseroan serta perkara/sengketa yang terkait dengan Perseroan dan kegiatan usaha Perseroan.


Selama tahun 2016, Komite Audit telah melaksanakan 7 (tujuh) pertemuan dengan pihak Manajemen, Auditor Internal dan Auditor Independen, untuk menjalankan program kerja Komite Audit Tahun 2016. Adapun tingkat kehadiran dari seluruh anggota Komite Audit mencapai 100%.


Dalam melakukan kegiatan dan pelaksanaan peran dan tanggung jawab, Komite Audit menyatakan apresiasi atas seluruh penjelasan dan tanggapan yang diberikan oleh pihak manajemen selama pelaksanaan kegiatan tersebut dan kesanggupan Manajemen untuk menindaklanjuti rekomendasi audit.


Laporan ini dibuat dan ditandatangani oleh Komite Audit PT Astra Agro Lestari Tbk.


Jakarta, 31 Desember 2016



Soemadi Djoko Moerdjono BrotodiningratJuliani Eliza Syaftari    
Ratna Wardhani
Ketua
Anggota   
Anggota