Astra Agro Lestari Kembali Menangkan Penghargaan CSR Tahun Ini

Jakarta, August 1, 2012: PT Astra Agro Lestari (AAL) berhasil menambah daftar penghargaan yang diberikan publik setelah memenangkan tiga penghargaan tahun ini. Ketiga penghargaan itu, yang diberikan sehubungan dengan keseriusan perusahaan perkebunan itu untuk melaksanakan program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), adalah “Indonesia Green Award 2012” dari majalah Bisnis & CSR, “Social Business Innovation Award 2012”, dan “20 Green CEO 2012”, yang keduanya diberikan oleh majalah Warta Ekonomi.


“Kami sangat berterima kasih atas pemberian penghargaan tersebut. Penghargaan CSR ini juga telah menunjukkan bahwa kegiatan bisnis perusahaan kami telah sesuai dengan misi yang telah kami tetapkan, yakni berkontribusi untuk pembangunan dan kesejahteraan bangsa,” kata Joko Supriyono, direktur PT AAL setelah menerima penghargaan tersebut.


PT AAL dianggap sebagai suatu perusahaan yang “menginspirasi” bumi. Itulah alasan mengapa tim juri dari Indonesia Green Award telah memutuskan untuk menganugerahi perusahaan AAL dengan penghargaan tersebut. “Konservasi lingkungannya dijalankan dengan cara-cara produksi yang bersahabat dengan lingkungan.”


Itulah pandangan yang diadopsi oleh tim juri sebagai landasan kuat dalam memutuskan PT AAL sebagai pemenang Indonesia Green Award 2012 untuk kategori industri agro yang hijau.

Menteri Industri MS Hidayat memberikan penghargaan kepada Direktur AAL Joko Supriyono di Hotel Indonesia Kempinski, pada hari Selasa (10 Juli 10, 2012).

Indonesia Green Award, yang merupakan arena kompetisi bagi perusahaan-perusahaan dan perorangan dalam bidang konservasi lingkungan, diorganisir oleh majalah Bisnis & CSR, bekerja sama dengan kementerian kehutanan dan kementerian industri. Penghargaan itu hanya diberikan kepada perusahaan-perusahaan dan orang-orang yang menginsprirasi bumi melalui usaha-usaha mereka.


Disamping melihat AAL telah menerapkan cara produksi yang berkelanjutan, tim juri juga melihat bahwa AAL mengejar usaha-usaha pelestarian alam untuk melindungi keanekaragaman hayati di sejumlah wilayah yang memiliki nilai konservasi tinggi (High values of conservation). “Semua inisiatif hijau AAL dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip industry hijau,” kata tim juri.

Dua penghargaan lainnya dari majalah Warta Ekonomi diberikan pada hari Selasa (31 Juli 31, 2012) di Hotel JW Marriot. Presiden Direktur AAL, Widya Wiryawan memenangkan penghargaan “Green CEO 2012”. Penghargaan tersebut diberikan kepada pimpinan puncak perusahaan yang terpilih sebagai pemenang atas prestasinya dalam mewujudkan suatu perusahaan yang berkelanjutan.


Suatu perusahaan yang berkelanjutan adalah suatu perusahaan yang menerapkan sistim keberlanjutan dalam strategi bisnis dan menyumbang pada usaha konservasi lingkungan dan memiliki tanggung jawab social. Dalam hal ini, tim juri Warta Ekonomi menggabungkan konsep keberlanjutan perusahaan dan konsep hijau.


Disamping penghargaan “Green CEO Award”, PT AAL juga memenangkan “Social Business Innovation Award 2012”. Penghargaan ini diberikan majalah Warta Ekonomi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil mengambil langkah-lagkah innovatif dalam mengembangkan program-program CSR mereka ke arah perusahaan yang lebih berkelanjutan dan dalam waktu bersamaan berhasil mencapai suatu keseimbangan antara tiga pilar dari konsep CSR, yakni tanggung jawab terhadap masyarakat, lingkungan,  dan pemegang saham atau yang dikenal secara umum sebagai “people, planet, and profit” (Manusia, Bumi, dan Laba).