Konservasi Keanekaragaman Astra Agro



Menanam spesies pohon yang terancam  punah dan menamai pohon merupakan  tajuk peluncuran areal konservasi lokal seluas  2.017 hektar di areal perkebunan PT  Sukses Tani Nusasubur (PT STN),  Penajam Paser Utara, dan areal seluas  1.500 ha di perkebunan PT Karyanusa Eka  Daya (PT KED), Muara Wahau,  Kalimantan Timur pada tanggal 22 dan 24 th Juni, 2010. Program bertajuk.

“Konservasi Keanekaragaman Astra” itu merupakan perwujudan komitmen dari
PT Astra Agro Lestari Tbk untuk terlibat  aktif dalam memelihara keanekaragaman  bagi generasi berikutnya. Program  konservasi tersebut juga  meliputi pengembangan pusat informasi  yang berisikan keterangan lengkap tentang  flora dan fauna, serta fungsi ekosistim.

Fungsi utama dari pusat informasi  tersebut adalah sebagai media  pendidikan umum mengenai  pentingnya konservasi  keanekaragaman. Kegiatan-kegiatan  konservasi difokuskan pada  perlindungan ekosistim karst,  pemulihan ekosistim sumber  air dan memelihara hutan yang masih tersisa.

Ekosistim Kars, yang terdapat di areal PT  STN, merupakan suatu ekosistim unik yang  tercipta lewat proses geologis yang panjang  selama ribuan tahun dan menghasilkan
permukaan dan topografi bawah tanah  yang unik terdiri dari  lubang-lubang menjorok kedalam tanah, bongkahan-bongkahan vertikal,  aliran sungai yang menghilang, mata  air, sampai sistim drainase bawah tanah yang kompleks serta gua-gua.

Hal seperti itu terdapat dalam suatu  lokasi tertentu, berisikan fauna unik dan tidak ada di tempat lain. Ekosistim Karst memainkan peran sangat penting  dalam menyediakan suplai air dalam musim kering.


Zona riparian merupakan lahan  yang berdekatan dengan anak sungai  atau sungai, yang merupakan areal transisi  unik antara air dan tanah sekitarnya. Ekosistim  Riparian sangat berperan penting  dalam menyediakan berbagai fungsi penting ekosistim, seperti perbaikan kualitas air, pengurangan banjir, stabilisasi tepi sungai, habitat fauna, dan koridor alamiah bagi banyak spesies.

Hutan yang masih tersisa  berisikan keanekaragaman flora dan fauna  yang termasuk flora dan fauna yang  berinteraksi untuk membentuk sistim  ekologis yang kompleks.

Melalui “Program Konservasi  Keanekaragaman Astra Agro”, PT Astra  Agro Lestari Tbk mencoba terlibat  dalam pelestarian alam dan mempromosikan pengelolaan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Tujuan akhir dari program tersebut  adalah untuk mewujudkan pengembangan berkelanjutan bagi masa depan bumi yang  lebih baik. (*)