JAKARTA – PT Astra Agro Lestari Tbk menduduki posisi perusahaan kelapa sawit terbaik pada penghargaan Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brands. Penganugerahaan ini merupakan appresiasi yang diberikan kepada 100 brand Indonesia terbaik, baik corporate brand maupun product brand dengan nilai tertinggi yang diberikan oleh Majalah SWA bekerja sama dengan Brand Finance, sebuah perusahaan konsultan yang berasal dari Inggris.
Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Media, mengungkapkan pencapaian ini merupakan refleksi yang telah dilakukan oleh brand dalam waktu yang lama sehingga posisinya menjadi kuat di pasar. “Mengetahui brand value company sangat bermanfaat dalam melakukan bisnis, terutama pengelolaan SDM, pengembangan perusahaan, public relations dan keuangan” ujar Kemal E. Ghani di Hotel Shangri-La, Jakarta. Selasa, 12/6/2019.
Brand Finance menggunakan pendekatan Royalty Relief dalam melakukan evaluasi brand untuk menentukan brand value sebuah produk atau perusahaan. Metodologi yang digunakan yaitu dengan mengukur Brand Strenght Index (BSI) perusahaan dengan parameter marketing investment, ekuitas pemangku kepentingan, serta performa bisnis. Tidak hanya itu, Royalty rate serta kinerja keuangan perusahaan juga menjadi tolak ukur dalam menentukan brand value.
Samir Dixit, Direktur Pengelola Brand Finance Asia Pasifik mendorong para pelaku bisnis Indonesia untuk meningkatkan daya saingnya secara global. Dengan mengevalusi brand value merupakan salah satu langkah untuk menentukan posisi perusahaan di pasar. “Laporan ini merupakan langkah pertama untuk memahami tentang brand anda, hargai dan gunakan informasi tersebut untuk memanfaatkan nilai tersembunyi perusahaan” ungkap Samir.
Kekuatan brand Astra Agro merupakan cerminan performa bisnis perusahaan yang telah mengalami pasang surut selama 31 tahun didirikan. Dengan kondisi pasar yang semakin kompetitif, Astra Agro yakin akan dapat mempertegas posisinya di Industri agrobisnis