JAKARTA – PT Astra Agro Lestari Tbk merayakan hari jadi ke-33. Bertepatan dengan peringatan bulan kanker payudara yang jatuh tiap Oktober, perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra memanfaatkan momentum itu untuk meluncurkan aplikasi digital yang dirancang demi mendukung kampanye deteksi dini kanker payudara.
Aplikasi yang diberi nama Breasties 2.0 ini merupakan hasil kerja sama Astra Agro dan Lovepink. Lovepink adalah organisasi non profit yang difokuskan pada kegiatan kampanye deteksi dini kanker payudara. Informasi dan fitur aplikasi Breasties 2.0 disediakan agar user semakin teredukasi dan peduli terhadap risiko terkena kanker payudara.
Bresties 2.0 juga rutin memberikan notifikasi mengenai kapan waktu untuk melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri. Ada juga informasi yang tersedia melalui fitur tanya jawab.
Astra Agro memang konsisten dengan program yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Termasuk, kepedulian terhadap ancaman dan risiko kanker payudara.
Menurut Santosa, CEO Astra Agro, kerja sama Astra Agro dan Lovepink merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibilty (CSR). Tahun ini, ada dua strategi tambahan untuk mencapai objektif program CSR Astra Agro.
Pertama, terkait dengan situasi pandemi. Kerja sama dengan Lovepink sebagai organisasi yang digerakkan para penyintas kanker payudara diharapkan dapat menularkan semangat pantang menyerah kepada seluruh masyarakat dan insan Astra Agro.
“Semangat mereka sangat luar biasa. Saya harap ini menginspirasi kita,” kata Santosa dalam keterangan resminya diterima, Rabu (27/10/2021).
Kedua, program kampanye dan kerja sama itu juga sebagai bukti bahwa Astra Agro sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit sangat peduli terhadap perempuan. Kesehatan perempuan, dan masyarakat pada umumnya, menurut Santosa, menjadi bagian penting dan perhatian serius perusahaan.
“Ini bisa menjadi proof point, bahwa perusahaan ingin menerapkan gaya hidup sehat sebagai bagian penting dari menghargai hak dan kesehatan para pekerja, terutama bagi pekerja perempuan,” katanya saat acara yang digelar pada Selasa (26/10).
Aplikasi Breasties 2.0 ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dan karyawan mengenai bahaya kanker payudara.
Samantha Barbara, Chairman Lovepink yang juga turut tampil dalam acara yang disiarkan live di youtube serta disaksikan karyawan Astra Agro di kantor pusat maupun seluruh site mengungkapkan rasa terima kasihnya.
Pada peringatan bulan kanker payudara di bulan Oktober 2021 kali ini, menurut Samantha, terasa berbeda karena dilucurkannya aplikasi Breasties 2.0 berkat dukungan Astra Agro. Keistimewaan itu melengkapi kegiatan Indonesia Goes Pink 2021 yang dilakukan dengan menggelar gerakan seribu USG payudara gratis.
“Terobosan ini sebagai salah satu aksi nyata Lovepink dalam membantu menurunkan kanker payudara stadium lanjut,” katanya.
Breasties sebenarnya sudah lama disediakan Lovepink. Kali ini, aplikasi tersebut mengalami sejumlah pembaharuan. Madelina Mutia, Co-Founder Lovepink mengatakan rejuvinasi aplikasi Breasties 2.0 mendapatkan respon positif dari teman-teman di Lovepink.
“Senang sekali pada ulang tahun Astra Agro, justru kita yang dikasih kado aplikasi Breasties 2.0. Banyak fitur baru yang berbeda dari aplikasi sebelumnya,” ungkap Mutia.
Bukan hanya kaum perempuan yang sebaiknya men-download aplikasi ini. Laki-laki pun akan mendapatkan manfaat. Karena menurutnya, ancaman kanker payudara tidak hanya mengintai kaum wanita, tetapi juga pria. Akibat kurangnya pemahaman, banyak yang baru menyadari terkena kanker payudara saat sudah stadium lanjut.
Program kampanye dan edukasi pencegahan kanker payudara oleh Astra Agro sendiri telah dilakukan sejak Mei-Oktober 2021. Kegiatan SADARI massal dilakukan dengan membekali kader-kader posyandu yang menjadi binaan Astra Agro di seluruh area, baik di Sumatra, Kalimantan, maupun Sulawesi.
Selain sosialisasi kepada para kader posyandu, juga diberikan kepada para pelajar, maupun petani-petani mitra binaan Astra Agro. Ada juga kolaborasi dengan puskesmas dan dinas kesehatan setempat.
Kader posyandu, para guru, community development, tim safety health and environment juga menjalankan program kampanye pencegahan kanker payudara di seluruh perusahaan dan menjadi support group bagi Lovepink di masing-masing daerah.
Sumber: investor.id