PT Astra Agro Lestari Tbk (Astra Agro) kembali meraih penghargaan. Majalah The Iconomics menobatkan perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional itu sebagai penerima CSR Brand Equity Awards 2023 kategori Palm Oil Plantation Sector Industry.
Astra Agro dinilai berhasil melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program ekonomi berbasis kemitraan sawit, program ekonomi berbasis kearifan lokal, dan program peningkatan ekonomi berbasis potensi wilayah.
“Saya ucapkan sekali lagi selamat dan terimakasih atas partisipasinya, atas kerja kerasnya selama ini berkontribusi kepada Indonesia. Terus berkarya dan terus membangun bangsa kita,” kata Alex Mulya, Director of Brand, Research and Strategy The Iconomics.com saat penyelenggaraan acara yang berlangsung secara hybrid, Kamis (25/5/2023).
Acara penghargaan tahunan yang diadakan oleh The Iconomics dan didukung oleh Axia Research merupakan bentuk apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah melaksanakan kegiatan CSR dan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat.
Melalui acara penghargaan ini, diharapkan perusahaan-perusahaan akan semakin mendorong pentingnya CSR bukan hanya sebagai kewajiban perusahaan, tetapi juga sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan citra positif mereka di mata para stakeholder.
Penghargaan ini diberikan melalui kajian CSR Brand Equity dengan melalui survei online pada 10 kota besar di Indonesia secara random kepada lebih dari 10 ribu responden. Dalam kajian tersebut ada 2 hal utama yang menjadi fokus kajian, yakni CSR-Activity Awareness dan CSR Image.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada The Iconomics serta tim panitia penyelenggara,” kata Eko Prasetyo Wibisono, Chief Human Capital Officer PT Astra Agro Lestari Tbk saat menerima penghargaan tersebut.
Menurutnya, apresiasi ini menjadi pendorong semangat bagi insan Astra Agro untuk bekerja sebaik-baiknya dan menjadikan Astra Agro sebagai perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa serta mensejahterakan masyarakat.
“Kami sebagai Astra Agro Lestari tetap sesuai dengan corporate filsofi kami, sejahtera bersama bangsa,” ujar dia.
Astra Agro secara konsisten menjalankan program CSR melalui empat pilar yakni ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Program-program tersebut kini dijalankan melalui kegiatan dengan tema-tema; Astra Kreatif (bidang pengembangan ekonomi masyarakat),
Astra Sehat (bidang pengembangan kesehatan masyarakat), Astra Cerdas (bidang pengembangan pendidikan masyarakat), dan Astra Hijau (bidang pengembangan lingkungan).
Semua diharapkan dapat menyeimbangkan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersamaan dengan tujuan dapat memberikan solusi terhadap persoalan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.